Peer-to-peer Networking

Peer-to-peer networking adalah tipikal network yang paling sederhana dan biaya yang paling urah. P2P biasanya bertujuan hanya untuk menghubungkan 2 buah komputer atau untuk berbagi file dan printer saja. P2P juga tidak membutuhkan sebuah server khusus.

Komputer yang terhubung dengan network disebut sebagai Peer. Peer bertindak sebagai client juga otomatis sebagai server.

Walaupun P2P adalah solusi terbaik, tercepat dan termurah, P2P tentunya mempunyai banyak keterbatasan. Keterbatasan yang paling utama adalah jumlah peer/komputer yang dapat terhubung jaringan (kurang dari 10 PC). Beberapa ahli PC network malah menyarankan jumlah maksimal dari PC yang terhubung pada P2P adalah 5.  P2P juga tidak mempunyai tingkat keamanan yang baik dalam network. User tidak harus di otentifikasi dulu oleh server ketika masuk dan menggunakan resources.

Berikut adalah daftar beberapa keterbatasan dari P2P :

  • Terjadinya lonjakan penggunaan resources PC, jika salah satu menggunakan printer yang terhubung di salah satu peer, maka resources di komputer tersebut hampir semuanya terpakai juga (bukan printer saja)
  • Tidak ada sistem penyimpanan data terpusat sehingga menyulitkan backup data
  • Keamanan harus dihandle per resources

Jika Anda ingin membuat/membangun sebuah game network atau untuk berbagi printer, maka peer-to-peer adalah pilihan yang paling tepat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s