Sejarah PC Network

Walaupun super komputer memang telah ada pada tahun sebelum 1950, International Business Machines (IBM) menjadi perusahaan yang paling mendominasinya di tahun – tahun setelahnya.  IBM Model 701, yang masih menggunakan tabung vakum, dibuat pada tahun 1952. IBM terus memimpin era mainframe, sistem komputer yang memiliki ukuran sangat besar, dengan pertama kali membuat dan memperkenalkan sistem penyimpanan menggunakan disk bersamaan dengan terbitnya bahasa pemograman FORTRAN.

Perkembangan yang pesat saat itu akhirnya melahirkan miniframe atau bentuk mini dari mainframe. Pada tahun 1970 an, miniframe betul-betul merajai dunia komputer saat itu.

Menjelang akhir 1979 dan awal-awal 1980, bentuk komputer masa depan akhirnya ditemukan.

Bulan Agustus 1981, IBM PC di launching. Walaupun bukan satu-satunya, tetapi IBM PC dengan cepat menjelma menjadi sebuah standar sistem komputer. became the standard for businesses. Sistem operasi yang digunkan IBM PC adalah DOS, yang dikembangkan oleh Microsoft, sehingga sering disebut MS-DOS.

Bentuk IBM PC

Bentuk IBM PC

MS-DOS pada saat itu masih belum memungkinkan sharing resources (pembagian sumber daya).

Penelitian Xerox Corporation’s Palo Alto Research Center (PARC) akhirnya membuahkan hasil yaitu penciptaan komputer Alto yang sudah menggunakan GUI (Graphical Unit Device) dan dilengkapi mouse serta yang paling penting adalah memungkinkan dibuatnya network.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s